Eko Nugroho
Tak perlu kuatir tentang hidup jika engkau punya cinta
 
 
 
 

Pengunjung

90348
 

RPP “Eksploitasi Gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong”

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tahun pelajaran 2012/2013

 

 

Nama Sekolah     :                                                                                                                                                          SMP NURUL HUDA PORONG                                                                                                            

Mata pelajaran     : IPS TERPADU

Kelas/semester   :                                                                                                                                                          VIII Semester I (GANJIL)

Alokasi Waktu      :                                                                                                                                                          6 x 40 menit (2 x pertemuan)

Tema                     : “Eksploitasi Gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong”

 

A.  STANDAR KOMPETENSI

1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk.

4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat

 

B.  KOMPETENSI DASAR

1.3 Permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan Mendeskripsikan permasalahan

4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

 

C.  INDIKATOR

Kognitif 

  1. Mengidentifikasi permasalahan lingkungan hidup di sekitar area terdampak semburan lumpur Lapindo
  2. Mengidentifikasi upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan yang diakibatkan oleh seburan lumpur lapindo
  3. Mengidentifikasi kelangkaan sumber daya di sekitar area terdampak semburan lumpur lapindo
  4. Mengidentifikasi kebutuhan manusia yang tak terbatas di sekitar area terdampak semburan lumpur lapindo.
  5. Mendiskusikan dengan model STAD  tentang dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong.

 

Afektif

  1. Mengembangkan rasa keingintahuan tentang dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong.
  2. Mengembangkan sikap menghargai dan menghormati kepada orang lain, terutama dalam diskusi.
  3. Mengembangkan sikap tanggung jawab, komunikatif, dan kerjasama.

 

Psikomotor

  1. Siswa dapat menyusun laporan sederhana tentang dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong.

 


 

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

Kognitif

  1. Dengan penugasan kelompok, siswa dapat mengidentifikasi permasalahan lingkungan hidup di sekitar area terdampak semburan lumpur Lapindo.
  2. Dengan penugasan kelompok, siswa dapat mengidentifikasi upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan yang diakibatkan oleh seburan lumpur lapindo.
  3. Dengan penugasan kelompok, siswa dapat mengidentifikasi kelangkaan sumber daya di sekitar area terdampak semburan lumpur lapindo.
  4. Dengan penugasan kelompok, siswa dapat mengidentifikasi kebutuhan manusia yang tak terbatas di sekitar area terdampak semburan lumpur lapindo.
  5. Dengan mendiskusikan dengan model STAD  tentang dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong, siswa dapat mendeskripsikan dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong.

 

Afektif 

  1. Melalui ceramah dan tanya jawab, penugasan kelompok, berdiskusi dan mempresentasikan kepada teman sejawat, siswa dapat mengembangkan rasa keingintahuannya tentang dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong.
  2. Melalui penugasan kelompok, berdiskusi dan mempresentasikan kepada teman sejawat, siswa dapat mengembangkan sikap menghargai dan menghormati kepada orang lain.
  3. Melalui penugasan kelompok, berdiskusi dan mempresentasikan kepada teman sejawat, siswa dapat mengembangkan sikap tanggung jawab, komunikatif, dan kerjasama.

 

Psikomotor 

  1. Melalui ceramah dan tanya jawab, penugasan kelompok, berdiskusi dan mempresentasikan kepada teman sejawat, siswa mampu menyusun makalah tentang dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong.

 

E.  MATERI PEMBELAJARAN

  1. Permasalahan lingkungan hidup
  2. Upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
  3. Kelangkaan sumber daya
  4. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas
  5. Dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong

 

  1. F.   METODE PEMBELAJARAN
    1. Model Pembelajaran
      1. Ekspositori
      2. Kooperatif
  2. Metode Pembelajaran
    1. Ceramah
    2. Tanya jawab
    3. Diskusi kelompok model STAD

 

G.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Dalam pembahasan materi pembelajaran ini direncanakan untuk 2 (dua) kali pertemuan, dimulai dari menyampaikan issu tentang luapan lumpur Lapindo yang sudah 6 tahun lamanya, kemudian diteruskan dengan pemberian tugas dan diskusi kelompok, dan refleksi, yang secara rinci adalah sebagai berikut :

  1.      I.          Pertemuan ke-1 ( 3 x 40 menit = 120 menit )
    1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

Apersepsi

@  Guru mengemukakan issu tentang peristiwa lumpur lapindo disertai dengan memperlihatkan gambar/foto semburan lumpur lapindo yang sudah berusia 6 tahun.

@  Guru memberi motovasi kepada siswa dengan menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa berserta langkah-langkah pembelajaran (penugasan) yang digunkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  1. b.      Kegiatan Inti (95 menit)

Metode Ceramah dan Tanya Jawab

@  Memberi bahan ajar berupa handout kepada siswa. Handout yang dibagikan pada pertemuan pertama ini  materi antara lain sebagai berikut:

@  Permasalahan lingkungan hidup

@  Upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan

@  Kelangkaan sumber daya

@  Kebutuhan manusia yang tidak terbatas

@  Selanjutnya guru menyampaikan pokok-pokok materi untuk pencerahan dan penanaman konsep awal kepada siswa.

@  Seiring dengan ceramah, dilakukan tanya jawab dengan siswa, mengalir sesuai dengan materi yang yang pada handout.

  1. c.      Kegiatan Penutup (15 menit)

@  Siswa diberi kesempatan membuat kesimpulan

@  Guru mengadakan tes tertulis dalam bentuk soal uraian sebanyak 1 soal. Soal diaksentuasikan pada kemampuan siswa menghubungkan konsep kelangkaan sumber daya dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas terhadap permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya.

 

  1.   II.          Pertemuan ke-2 ( 3 x 40 menit = 120 menit )

 

  1. a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

Apersepsi

@  Guru mengulas kembali secara singkat konsep-konsep yang telah dipelajari siswa pada pertemuan ke-1 serta mengajukan pertanyaan bersifat self reflektif. Pertanyaannya adalah “apakah konsep-konsep yang telah kalian pelajari bermanfaat bagi kehidupan kalian di masyarakat?”; Apakah yang bisa kalian lakukan dengan konsep-konsep yang telah kalian pahami jika ada masalah di sekitar kalian?

@  Guru memberi motivasi kepada siswa dengan menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa beserta langkah-langkah pembelajaran (metode pembelajaran kooperatif model STAD).


 

  1. b.   Kegiatan Inti (95 menit)

 

Metode Kooperatif model STAD

1)      Menentukan banyaknya kelompok dan anggota kelompok. Kelompok yang dibentuk adalah kelompok heterogen dengan cara pembentukan acak sebagai berikut:

@  Siswa pada deret bangku paling depan mulai dari kiri ke kanan dan seterusnya menyebut angka 1,2,3,4,5. Setelah angka 5, siswa berikutnya menyebut mulai dari angka 1 dan secara berurutan menyebut angka 2,3, 4,5 dan seterusnya.

@  Setelah setiap siswa mendapatkan identitas berupa angka-angka yang disebutkannya, siswa berkelompok menurut angka yang dimilikinya. Setiap siswa yang memeiliki identitas angka 1 berkelompok menjadi satu kelompok, dst. Jika siswa dalam 1 kelas VIII jumlahnya 32, maka akan terbentuk 5 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 6 orang dan dua kelompok beranggotakan 7 orang.

2)      Guru membagikan pedoman berisi petunjuk dalam penugasan untuk mencari informasi dan referensi tentang dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong.

3)      Guru menjelaskan setiap instruksi yang ada pada pedoman tersebut. Hal yang urgen didiskusikan terkait dengan pembelajaran menggunakan metode kooperatif model STAD pada pertemuan ke-2 ini adalah :

@ Identifikasi dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat eksploitasi gas oleh PT. LAPINDO BRANTAS di Porong.

@ Merumuskan masalah.

@ Menganalisis

@ Membuat kesimpulan

@ Teknik penulisan laporan (berupa makalah)

4)      Guru membimbing setiap kelompok dalam merumuskan masalah yang relevan dengan tema.

5)      Setelah diskusi kelompok kecil selesai dengan hasil produknya berupa makalah, maka setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan semua siswa (diskusi pleno kelompok besar). Presentasi dilakukan secara bergiliran mulai dari kelompok 1,2,3,4, dan dilanjutkan dengan kelompok 5.

6)      Setelah selesai diskusi, siswa dapat kembali ke temapt duduknya masing-masing

 

  1. c.    Kegiatan Penutup (15 menit)

@  Siswa diberi kesempatan membuat kesimpulan dengan difasilitasi oleh guru.

@  Guru menghubungkan konsep tentang eksploitasi yang berdampak pada kerusakan lingkungan hidup dengan kehidupan di sekitar lingkungan siswa.

 

 

H. SUMBER BELAJAR 

1.   Sumber Materi :

Handout

@  Internet

@  Koran atau majalah.

@  Lingkungan sekitar

2.   Alat Bantu :    

@  Papan tulis Whiteboard

@  Spidol boardmarker

@  Laptop

@  LCD proyektor

@  Gambar-gambar/Foto-foto

 

 

  1. I.     PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian                     :
    2. Tes tertulis,
    3. Non tes         :

@ Penugasan kelompok (laporan sederhana)

@ Kerjasama

@ Performa (diskusi kelompok dengan tim ahli)

  1. Bentuk Instrumen Penilaian    :
  2. Tes Uraian,
  3. Penilaian Rubrik

@ Rubrik penilaian produk (penugasan membuat laporan sederhana)

@ Rubrik penilaian kooperatif

@ Rubrik penilaian diskusi kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sidoarjo, 29 Juli 2012

Mengetahui,                                                                                        

Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

NUGROHO EKO P, S.Sos                                       NUGROHO EKO P, S.Sos

Komentar :

No Komen : 1
Eko Nugroho :: 21-10-2012 22:49:42
Mohon maaf sebelumnya bagi para pembaca, setelah di up load, ternyata format teksnya sudah berubah, oleh karena itu kawan-kawan yang menginginkan RPP ini bisa mengirimkan email-nya, ntar akan saya kirim via email biar tidak ngedit terlalu banyak... makasih ya...
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]
 

Pengumuman PPMB

 

Artikel Popular

  • Program Beasiswa Unggulan
    Pendidikan - 03-03-2013 14:44:32  (5)
  • Download Panduan Kurikulum 2013
    Kurikulum - 03-03-2013 14:04:32  (5)
  • Di meja makan yang senyap
    Kumpulan Puisi - 09-11-2012 07:51:57  (5)
  • BAHAN AJAR IPS SMP
    Media Pembelajaran - 15-12-2012 21:16:24  (2)
  • LKS “Kehidupan Ekonomi Dan Social Manusia Pra Aksara Dan Modern“
    LKS - 09-11-2012 06:28:41  (2)
 
 
 

Visi Hidup

  • Melihat Engkau tersenyum lebih indah daripada didatangi 1000 bidadari
 

-

 
Home | Profil | Pengumuman

Copyright © 2011 Unair | Designed by Free CSS Templates